Maju Bali Bisnis Blog

 

Dua Alat Pengambilan Keputusan Penting yang Dibutuhkan Setiap Pemilik Bisnis

Feb 05, 2023

Sebagai seorang pengusaha, Anda bertanggung jawab untuk membuat keputusan bisnis setiap hari, masing-masing memiliki tingkat risiko yang berbeda. Keputusan bisnis yang tampaknya kecil mungkin tidak terlalu signifikan, tetapi seiring waktu keputusan tersebut dapat secara dramatis mempengaruhi arah dan reputasi bisnis Anda, mempengaruhi kesuksesan dan umur panjang Anda.

 

Menjadi pembuat keputusan yang punya banyak informasi dan strategis adalah keterampilan penting untuk kewirausahaan yang sukses.

 

Setiap keputusan, dari yang kecil hingga yang signifikan, memiliki konsekuensi, dan menghindari atau tidak mengambil keputusan sebenarnya adalah keputusan itu sendiri, dan itu juga akan memiliki akibat. Beberapa keputusan mungkin tampak tidak penting atau memiliki efek yang hampir tidak terlihat, sementara keputusan lain mungkin benar-benar mengubah gerak bisnis Anda. 

 

Untuk membuat keputusan yang bijak dan bijaksana, sebagai pemilik bisnis, Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa Anda memiliki semua informasi yang diperlukan dari sumber yang tepat. Jika keputusan Anda didasarkan pada informasi yang tidak akurat, ini dapat merugikan tim dan bisnis Anda. Jadi langkah pertama dalam membuat setiap keputusan adalah memastikan bahwa Anda mendapat informasi yang benar.

 

Pengambilan keputusan yang buruk dapat menghancurkan banyak tingkatan – untuk Anda secara pribadi, dan juga untuk karyawan, pemangku kepentingan, pelanggan, supllier, keseluruhan bisnis, dan bahkan komunitas sekitar Anda! Saat pengambilan keputusan, sebagai pemilik bisnis Anda harus mengingat tanggung jawab pribadi dan perusahaan Anda untuk memastikan proses yang bijaksana diikuti, dan untuk konsekuensi yang diakibatkannya. Anda akan mengurangi kemenangan, dan menimbulkan kerugian dalam bisnis Anda.

 

Selain mencari nasihat bijak dari mentor bisnis Anda dan terus mengacu pada nilai-nilai inti, Anda juga dapat menggunakan beberapa alat sederhana namun efektif saat mengarahkan pengambilan keputusan.

 

Dua aset berharga dalam proses pengambilan keputusan adalah “Bagan Pro dan Kontra” dan “Analisis SWOT”...



#1: Bagan Pro dan Kontra

 

"Bagan Pro dan Kontra" adalah alat dasar yang dapat membantu Anda membuat keputusan bisnis yang bijaksana, berinformasi, dan bijak. Proses "Pro dan Kontra" dapat digunakan saat membuat keputusan apa pun, terlepas dari kerumitan atau tingkat kepentingannya.! Alat ini juga dapat digunakan dalam kehidupan pribadi dan membantu menghadirkan banyak kejelasan dan kepercayaan diri saat membuat keputusan pribadi atau keluarga.

 

Jangan biarkan kesederhanaan "Bagan Pro dan Kontra" menghalangi Anda untuk menerapkannya, karena ini dapat membantu Anda memahami dengan lebih jelas mengapa satu keputusan lebih baik daripada yang lain. Bagan tersebut memberikan gambaran yang jelas tentang keuntungan dan kerugian dari setiap opsi yang Anda hadapi, dan membantu menyelaraskan keputusan dengan nilai inti Anda.

 

Untuk melengkapi Bagan Pro/Kontra, ikuti langkah-langkah di bawah ini.


#2: ANALISA SWOT (KKKA)

 

Langkah penting lainnya untuk membuat keputusan berdasarkan informasi adalah menganalisis kekuatan dan kelemahan bisnis Anda, dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk memandu keputusan Anda. Cara yang berguna untuk menilai dan merefleksikan kekuatan dan kelemahan bisnis Anda adalah dengan menggunakan “Analisis SWOT/KKKA”.

 

SWOT/KKKA singkatan dari: “Strengths/Kekuatan, Weaknesses/Kelemahan, Opportunities/Kesempatan, and Threats/Ancaman.” 

 

Proses ini memberikan cara strategis untuk melihat gambaran besar bisnis Anda dengan menilai faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang mempengaruhi bisnis Anda.

 

Karena pasar dan persaingan Anda akan terus berubah, disarankan untuk menyelesaikan SWOT setiap 6-12 bulan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi bisnis dan memberikan ruang dan peluang bagi Anda untuk melakukan perubahan dan modifikasi yang diperlukan untuk menjadi pesaing yang lebih kuat.

 

Beberapa Strength/Kekuatan Perusahaan Anda Dapat Mencakup:

 

  • Misi atau Penyebab Unik
  • Strategi pemasaran
  • Layanan Pelanggan yang Sangat Baik
  • Kualitas Unggul
  • Keterampilan atau Bakat Karyawan
  • Budaya perusahaan
  • Keamanan Finansial (surplus sumber daya, modal, investor dan pemberi pinjaman yang dapat diandalkan, dll.)
  • Jaringan Pribadi atau Bisnis
  • Kemitraan Eksklusif Unik untuk Merek atau Perusahaan Anda
  • Aset Fisik dan Peralatan
  • Merek atau Reputasi Perusahaan yang Kuat
  • Merek yang Dapat Dikenali



Beberapa weaknesses/Kelemahan Perusahaan Anda Dapat Mencakup:

 

  • Performa Lemah di Area Tertentu
  • Ketidakpuasan Karyawan
  • Perputaran Karyawan Tinggi
  • Budaya Perusahaan yang Buruk atau Negatif
  • Kurangnya Sumber Daya (waktu, staf, atau dana)
  • Kurangnya Strategi Bisnis
  • Tujuan atau Nilai yang Tidak Jelas
  • Kurangnya Visi Jangka Panjang
  • Kualitas Produk Buruk
  • Layanan Pelanggan yang buruk
  • Branding dan Pesan yang Buruk
  • Kehadiran Media Sosial yang Lemah
  • Lokasi Fisik Buruk
  • Reputasi Buruk
  • Hambatan Rendah untuk Masuk Pesaing Baru

 

 

Opportunities/Kesempatan menilai area di mana bisnis Anda dapat meningkat atau situasi yang dapat Anda manfaatkan. Ini mungkin termasuk memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi, bermitra dengan bisnis lain, memanfaatkan tren saat ini, atau memanfaatkan teknologi baru, Anda harus terus menyadari peluang potensial yang dapat memperluas dan mengembangkan bisnis Anda. 

 

Threats/Ancaman akan membantu menjelaskan area bisnis Anda yang harus ditangani agar kelangsungan hidup perusahaan Anda terjamin. Ancaman eksternal dapat mencakup tetapi tidak terbatas pada pesaing yang mendapatkan daya tarik, persaingan baru, tren ekonomi yang menurun, gejolak politik, perubahan undang-undang federal atau negara bagian, tren masyarakat, peningkatan teknologi yang menurunkan permintaan layanan Anda, dan pemogokan tenaga kerja dari supplier Anda atau vendor.

 

Berikut adalah contoh grafik KKKA. Anda bisa membuat kotak seperti ini di selembar kertas dan bekerja sama dengan rekan atau tim Anda untuk menyelesaikannya. Anda mungkin juga ingin melibatkan pelanggan Anda dalam prosesnya, mereka pasti akan membawa wawasan bagus yang mungkin belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya.


Bagan Pro/Kontra dan Analisis SWOT/KKKA adalah alat yang sederhana, namun sangat efektif untuk setiap bisnis. Kami mendorong Anda untuk membiasakan diri menggunakan ini secara teratur dalam bisnis Anda. 

 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali!

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini!