Maju Bali Bisnis Blog

 

5 Kesalahan Orang Saat Mempromosikan Bisnisnya

May 03, 2024

Mempromosikan bisnis Anda adalah salah satu aspek paling dinamis dan kompleks dalam menjalankan bisnis. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi strategi promosi Anda dan dengan pasar yang selalu berubah, strategi pemasaran Anda harus berubah bersamanya. Strategi pemasaran Anda akan bergantung pada target pasar, tujuan bisnis, lokasi, platform, dan tren masyarakat Anda. Dan meskipun strategi pemasaran Anda akan unik untuk Anda dan kebutuhan bisnis Anda, ada kesalahan umum yang dilakukan oleh semua pengusaha saat mempromosikan bisnis mereka.

 

Untuk membantu Anda menghindari kesalahan yang dapat merugikan uang, waktu, dan bahkan bisnis Anda, berikut adalah 5 kesalahan teratas yang dilakukan orang saat mempromosikan bisnis mereka.

 

#1: Membuat Keputusan Pemasaran Tanpa Meneliti Terlebih Dahulu

Tanpa penelitian, Anda mungkin menyiapkan diri untuk kegagalan. Anda bisa meluncurkan iklan yang luar biasa, tetapi jika Anda tidak meluangkan waktu untuk mengetahui target pasar Anda dan apa yang mereka inginkan, banyak usaha Anda yang akan sia-sia. Banyak pengusaha suka melewatkan langkah penelitian dan langsung bereksperimen dengan berbagai cara mempromosikan bisnis mereka. Kerugian besar dengan melewatkan langkah penelitian adalah menghabiskan sumber daya Anda – waktu dan uang – untuk promosi yang tidak berhasil. Biaya yang menghancurkan ini dapat dicegah melalui penelitian terlebih dahulu. Meneliti sebelum memulai promosi memungkinkan Anda mengetahui apa yang diinginkan pelanggan, bagaimana mereka menginginkannya, dan cara terbaik untuk menjangkau mereka. Selain itu, sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin tidak memiliki banyak margin kesalahan karena sumber daya start-up yang terbatas. Anda juga harus berhati-hati agar tidak mengalami “kelumpuhan analisis” yaitu saat Anda begitu terjebak dalam penelitian sehingga Anda tidak pernah benar-benar menindaklanjuti temuan tersebut. Ingat, tujuannya bukanlah kesempurnaan tetapi melakukan penelitian sebelumnya akan memberi tahu Anda apa yang perlu Anda ubah. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa ide promosi yang awalnya Anda pikirkan mencoba menjangkau audiens yang salah.

 

#2: Fokus hanya pada Pemasaran Digital

Saat ini, ini adalah salah satu jebakan paling umum dalam pemasaran untuk usaha kecil. Pemasaran secara digital sangat penting untuk strategi pemasaran yang sukses. Namun, hanya berfokus pada pemasaran digital akan membuat Anda tidak memanfaatkan aktivitas promosi lainnya. Penting untuk memiliki keserbagunaan dalam hal metode yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Memikirkan papan nama, promosi dari mulut ke mulut, menghadiri acara komunitas, atau bermitra dengan orang lain dan bisnis dapat menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda. Jika Anda berfokus secara eksklusif pada pemasaran digital, Anda akan kehilangan semua pendapatan dan pelanggan yang bisa datang melalui saluran lain. 

 

#3: Kurangnya Konsistensi

Melacak kemajuan Anda sehubungan dengan aktivitas promosi Anda sangat penting untuk kesuksesan Anda secara keseluruhan. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dan melacak apa yang berfungsi dan apa yang tidak sehingga Anda dapat melakukan perubahan yang diperlukan. Konsistensi adalah kunci untuk menggerakkan strategi pemasaran yang kuat. Hanya karena sesuatu berhasil selama satu bulan, bukan berarti tren akan berlanjut. Mempromosikan bisnis Anda bukan hanya sesuatu yang Anda lakukan pada tahap awal peluncuran bisnis Anda dan kemudian berhenti begitu bisnis Anda berdiri dan berjalan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mempromosikan bisnis Anda adalah proses dinamis yang harus berlanjut sepanjang waktu bisnis Anda beroperasi. Alokasi anggaran Anda dan strategi bisnis yang lebih luas harus mencerminkan hal ini.

 

#4: Pesan Komunikasi yang Buruk

Kesalahan umum lainnya yang dilakukan pengusaha saat mempromosikan bisnis mereka adalah pengiriman pesan yang buruk. Ini termasuk apa pun mulai dari memiliki logo yang buruk, nama perusahaan, atau pesan yang tidak jelas. Pesan yang buruk terjadi ketika Anda tidak mengetahui pesaing Anda, pesan pemasaran Anda tidak jelas, atau pelanggan tidak mengerti mengapa produk atau layanan Anda diperlukan atau penting. Ini bisa menjadi kesalahan mahal untuk lupa mengomunikasikan mengapa produk Anda tidak hanya berharga, tetapi juga bagaimana itu lebih baik daripada pesaing Anda. Kecuali target pasar Anda memahami pesan Anda dan mengidentifikasi cara produk atau layanan Anda lebih baik daripada penjual lain, mereka tidak akan dipaksa untuk menjadi pelanggan Anda.

 

#5: Menyerah Terlalu Dini

Terakhir, tidak memahami jumlah waktu sebenarnya yang diperlukan untuk beralih dari promosi awal hingga melakukan penjualan dapat mengecilkan hati dan dapat membuat Anda menyerah untuk memasarkan produk Anda sama sekali yang pada akhirnya menyebabkan kegagalan bisnis. Mempromosikan produk atau layanan Anda akan memakan waktu dan melihat hasil kerja keras itu jarang terjadi secara langsung. Jika Anda mencari kepuasan instan, Anda mungkin berisiko melakukan kesalahan dengan menyerah terlalu dini. Inilah mengapa konsistensi, ketekunan, dan kemauan untuk gesit adalah kunci sukses mempromosikan bisnis Anda.

 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mempromosikan bisnis Anda secara kreatif, lihat posting blog ini di 6 Cara Mempromosikan Bisnis Anda.!!!!!Put link for blog post 18 on 6 ways to promote business!!!

 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali!

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini!