Maju Bali Bisnis Blog

 

6 Cara Pasti Untuk Mempromosikan Bisnis Anda

Apr 09, 2024

Salah satu tantangan terbesar bagi pemilik usaha kecil adalah mempelajari cara terbaik untuk mempromosikan bisnis mereka. Mempromosikan bisnis Anda adalah langkah penting untuk menjadi bisnis yang sukses terlepas dari ukurannya. Lagi pula, jika orang tidak tahu tentang bisnis Anda, mereka tidak akan membeli produk atau layanan Anda. Menyampaikan informasi tentang siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan bagaimana Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan pelanggan Anda harus menjadi salah satu fokus utama Anda, terlepas dari tahap apa pun Anda berada - mulai dari awal hingga beroperasi saat ini, setiap bisnis harus dilakukan secara teratur dan bijaksana dipromosikan. 

 

Memanfaatkan media sosial digital untuk peluang pemasaran menjadi lebih mudah dan lebih terjangkau daripada sebelumnya. Mempelajari cara mempromosikan bisnis Anda melalui platform digital seperti media sosial, daftar situs web, diskon online, dan webinar sangat penting untuk strategi promosi yang efektif. Internet memberikan peluang yang cepat, efektif, dan menarik untuk mempromosikan bisnis Anda. Namun, Anda akan merugikan bisnis Anda jika Anda berhenti di sana. Masih banyak kegiatan promosi lain yang dapat Anda lakukan untuk menarik lebih banyak pelanggan, menghasilkan lebih banyak pendapatan, dan menjadi bisnis yang lebih sukses. 

 

Selain memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan bisnis Anda, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu pelanggan memahami apa yang Anda jual, cara menemukan Anda, dan cara melakukan pembelian. Mempromosikan bisnis Anda bukan hanya bagian dari strategi peluncuran Anda – ini adalah prioritas dan proses berkelanjutan yang harus tercermin dalam anggaran, rencana, dan sasaran bisnis Anda yang lebih luas. Strategi promosi terbaik adalah yang digerakkan oleh pelanggan, berkelanjutan, dan terencana.

 

Berikut adalah langkah-langkah nyata yang dapat Anda ambil untuk mempromosikan bisnis Anda…

 

#1: Miliki Nama Perusahaan yang Baik

Nama dan merek Anda secara keseluruhan harus menarik, mudah diingat, atau menggambarkan apa yang Anda tawarkan.

 

#2: Berikan Pelayanan Pelanggan yang Hebat

Bahkan dalam kata yang semakin digital, dari mulut ke mulut terus menjadi salah satu taktik promosi yang paling ampuh. Dengan memiliki layanan pelanggan yang hebat, pelanggan Anda yang puas secara alami akan memberi tahu orang lain tentang betapa hebatnya bisnis Anda.

 

#3: Minta Referensi

Cukup meminta pelanggan Anda yang puas untuk beberapa kontak teman atau keluarga yang mungkin menikmati produk atau layanan Anda bisa sangat membantu. Koneksi pribadi sangat berharga! Setelah Anda memiliki informasi kontak mereka dalam bentuk rujukan, Anda dapat mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan baru tersebut.

 

#4: Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan

Mengirim pesan ulang tahun, membuat personalisasi, mengingat percakapan masa lalu, mengirimkan diskon apresiasi pelanggan, dan memberi tahu orang betapa Anda menghargai bisnis mereka adalah semua cara untuk mendorong dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Dalam jangka panjang, ini akan meningkatkan reputasi Anda di komunitas.

 

#5: Bermitra Dengan Bisnis Lain

Mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan pemilik bisnis lain yang tidak berada di pasar yang sama dengan Anda di mana mereka merujuk pelanggan mereka kepada Anda dan Anda melakukan hal yang sama sebagai balasannya dapat menjadi sumber pelanggan lainnya.

 

#6: Gunakan Materi Promosi Cetak

Jangan remehkan kekuatan materi pemasaran tercetak. Selebaran, pajangan etalase, brosur, selebaran, dan bahkan kartu nama dapat berdampak signifikan pada pemasaran Anda. Melewatkan langkah ini dapat berarti kehilangan seluruh segmen calon pelanggan yang tidak mengetahui bisnis Anda.

 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali! 

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini!