Maju Bali Bisnis Blog

 

Bagaimana cara Anda tetap bisa termotivasi!?

Jan 12, 2023

Memiliki dan menjalankan bisnis yang berkembang bukan untuk semua orang. Dan bahkan mereka yang telah membuktikan bahwa mereka memiliki apa yang diperlukan untuk memulai bisnis yang sukses, tetap harus menghadapi tantangan untuk tetap termotivasi dalam jangka panjang. Kemampuan untuk mempertahankan produktivitas dan motivasi selama memiliki bisnis Anda adalah keterampilan yang perlu dikembangkan.

 

Meskipun membutuhkan waktu dan usaha, menerapkan kebiasaan dan langkah-langkah tindakan untuk memastikan tingkat motivasi yang tinggi akan menghasilkan kesuksesan bisnis yang lebih besar. Keinginan awal untuk meluncurkan bisnis memang penting, namun pada akhirnya visi dan dorongan untuk menerapkan visi tersebut dalam jangka panjang adalah yang terpenting.

 

Lima tips untuk tetap termotivasi…

 

#1 Ketahui alasan “Mengapa” Anda mulai bisnis dan selalu Ingat alasan ini 

Mengetahui “mengapa” Anda mungkin merupakan elemen terpenting dari kepemilikan dan kepemimpinan bisnis. Mengetahui “mengapa” Anda adalah mengetahui visi dan misi perusahaan Anda– ke mana arahnya dan mengapa itu penting! Ketika ini terjadi, Anda akan memiliki semangat dan keinginan yang mendasari untuk mencapai impian dan tujuan bisnis Anda. Namun, tidak cukup hanya mengetahui alasan “mengapa” Anda berbisnis, karena hanya dengan mengetahuinya tidak berarti Anda akan hidup dan bekerja berdasarkan itu. Anda juga harus terus menerus mengingatkan diri sendiri, pimpinan dan karyawan Anda akan visi dan misi Anda, sehingga setiap anggota tim Anda dapat menjaga motivasi, semangat, dan mimpi yang telah dirintis bisnis ini sejak awal.

 

#2 Membuat Hal-Hal ini Tetap Menyenangkan

Seringkali, alasan menurunnya tingkat motivasi di kalangan pengusaha adalah karena terlalu nyaman. Sebuah bisnis bisa menguntungkan, tetapi jika tidak bertumbuh, akan sangat sulit bagi pemilik bisnis untuk maju dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Setelah bisnis berdiri dan berjalan, penting untuk mengambil beberapa risiko untuk mengembangkan bisnis. Jangan takut untuk bermimpi besar atau menetapkan tujuan baru. Sebagai pemilik bisnis, pastikan Anda selalu menantang diri sendiri dan bisnis Anda untuk tumbuh akan menghasilkan tujuan yang besar dalam pekerjaan Anda. Dengan melakukan peningkatan dan perubahan yang sejalan dengan tujuan perusahaan Anda dan mengambil risiko yang terinformasi, Anda akan menemukan proyek baru dan menarik untuk dilakukan dan tingkat motivasi Anda akan meningkat!



#3 Keseimbangan antara Kehidupan dan Kerja

Memiliki bisnis adalah kerja keras dan mudah kewalahan dengan daftar tugas yang tak ada habisnya. Namun, penting bagi pemilik bisnis untuk meluangkan waktu untuk hal-hal yang mereka sukai– baik secara profesional maupun pribadi. Sebagai pemilik perusahaan yang digerakkan oleh nilai, penting untuk menjalankan nilai inti dalam kehidupan pribadi Anda. Rasa pemenuhan dan kepuasan yang berasal dari memprioritaskan pendekatan keseimbangan dalam kehidupan kerja untuk kepemilikan bisnis secara positif berdampak pada orang-orang di sekitar Anda, pemangku kepentingan perusahaan, dan inti dari bisnis Anda.

 

#4 Memiliki Mentor/pembina

Memiliki seorang mentor sebagai bagian dari sistem pendukung Anda adalah langkah kunci untuk mencapai potensi penuh Anda. Mentor bisnis adalah seseorang dengan pengalaman bisnis yang bersedia mendampingi Anda sebagai penyemangat dan pemberi saran saat Anda menavigasi apa artinya memiliki dan mengoperasikan bisnis Anda sendiri. Seorang mentor akan membantu Anda melakukan brainstorming ide, memberi Anda umpan balik yang berharga, memperluas jaringan profesional Anda, merayakan kesuksesan Anda, dan menyemangati Anda dalam kegagalan Anda. Lebih penting lagi, seorang mentor berfungsi sebagai sumber motivasi dan dorongan. Menjadi wirausahawan adalah kerja keras, jadi memiliki seseorang untuk bersandar dan mendorong Anda untuk terus maju akan sangat bermanfaat!



#5 Rayakan Kemenangan/keberhasilan Kecil

Kadang-kadang, pengusaha begitu terpaku pada tujuan akhir sehingga mereka lupa mengenali pencapaian dan kesuksesan di sepanjang jalan. Meski bisnis belum mencapai “tujuan akhir”, bukan berarti kemenangan kecil tidak layak dirayakan. Anda harus bangga pada diri sendiri dan tim Anda– dan meluangkan waktu untuk mengakui kemenangan kecil membangun momentum besar yang dapat memicu motivasi Anda untuk terus menuju tujuan jangka panjang Anda.

 

Meskipun ini hanya daftar 5, terkadang terasa sulit untuk diterapkan. Kami mendorong Anda untuk mengurutkannya dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting bagi Anda. Kemudian mulailah dengan #1, dan setiap bulan berkomitmen untuk mengimplementasikan elemen tersebut. Pada akhir tahun Anda harus berada di tempat yang berbeda dari Anda saat ini.

 

Jika Anda tidak dapat menemukan mentor atau kesulitan untuk tetap menjalankan tugas dan termotivasi, hubungi dan lihat bagaimana kami dapat membantu. Kami memiliki beberapa alat luar biasa yang akan membantu Anda mengidentifikasi nilai, visi, misi, dan tujuan Anda, lalu membuat rencana dan strategi yang sederhana namun efektif untuk membantu Anda berhenti berputar, dan membuat Anda bergerak ke arah yang benar dengan momentum yang luar biasa. 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali! 

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini! !!!!!