Maju Bali Bisnis Blog

 

Apa Itu Dampak Komunitas dan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkannya

majubali Jan 16, 2023

Bukan rahasia lagi bahwa menjadi semakin penting bagi semua bisnis skala besar untuk memiliki “dampak komunitas” sebagai nilai bisnis inti. Di satu sisi, telah menjadi harapan masyarakat bagi banyak perusahaan untuk mengkomunikasikan dengan jelas bagaimana rencananya untuk memberi kembali kepada masyarakat. Dan jika langkah ini diabaikan, kemungkinan bisnis itu akan tumbuh menjadi bisnis yang kurang berkembang.

 

Dengan itu, banyak pemilik bisnis yang bercita-cita tinggi tergoda untuk melihat "dampak komunitas" sebagai sesuatu yang harus mereka lakukan dan bagian lain untuk dicek dari daftar mereka. Ketika rencana dampak komunitas dibuat hanya karena kewajiban, ada kekurangan integritas dan keaslian yang pasti akan mengakibatkan berkurangnya kesehatan organisasi Anda secara keseluruhan serta dampak komunitas yang tidak mendekati potensi sebenarnya.

 

Anda lihat, keinginan tulus untuk melihat komunitas sekitar Anda berubah harus menjadi bahan bakar di balik membina hubungan yang bermakna, membuat keputusan bisnis yang mempertimbangkan kebutuhan orang lain, dan nilai dasar yang mendasari aktivitas Anda sehari-hari. Pengusaha yang memandang perusahaannya melalui lensa “lebih dari sekadar bisnis” berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Hubungan tidak hanya merupakan komponen kunci untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan, tetapi juga merupakan kekuatan pendorong untuk melakukan perubahan di antara komunitas. Ketika wirausahawan memilih untuk penuh perhatian dan niat dengan hubungan yang mereka miliki dengan pelanggan, karyawan, dan pemangku kepentingan, itu menghasilkan bisnis yang berkembang dengan dukungan masyarakat sekitar.

 

Banyak pemilik usaha kecil memiliki keyakinan yang salah bahwa pengaruh komunitas yang berarti tidak mungkin terjadi kecuali mereka tumbuh cukup besar untuk menjadi perusahaan besar. Namun kenyataannya, bisnis kecil diposisikan secara unik untuk dapat memengaruhi kehidupan pelanggan, staf, pemangku kepentingan, dan komunitas mereka yang lebih luas. Menjalani nilai-nilai inti melalui operasi bisnis Anda memiliki kekuatan untuk mempengaruhi komunitas Anda dengan cara yang bahkan tidak dapat Anda bayangkan. Jangan remehkan pengaruh yang Anda pegang sebagai pemilik usaha kecil!

 

Meskipun benar bahwa dampak komunitas dapat berarti memprioritaskan kebutuhan sosial komunitas Anda dan secara proaktif menangani kebutuhan lokal, dampak komunitas juga muncul dalam banyak bentuk lainnya. Misalnya, cara Anda memperlakukan karyawan, kualitas pelayanan pelanggan, dan cara Anda mengelola sumber daya, semuanya dapat berkontribusi untuk memberikan dampak positif bagi komunitas Anda. 

 

Bagaimana Bisnis Kecil Anda Dapat Memiliki Dampak Positif Bagi Komunitas?

 

#1: Pelayanan Pelanggan Yang Sangat Baik

Seringkali hal-hal kecillah yang paling menjadi berarti– hal-hal seperti memanggil pelanggan dengan nama yang benar, kustomisasi produk, dan dengan sengaja terlibat dalam percakapan dengan pelanggan Anda bisa sangat bermanfaat!

 

#2: Berpartisipasi dalam Acara Komunitas

Dengan sengaja mencari cara untuk bermitra dengan komunitas Anda. Seringkali, ada acara amal yang dapat diikuti oleh bisnis Anda! Bagian terbaik tentang keterlibatan komunitas adalah terserah Anda dan bisnis Anda saat ini perlu menawarkan pelayanan yang berbeda– apakah itu diskon kecil, hadiah, atau menyumbangkan waktu Anda secara sukarela di acara sambil mempromosikan produk atau layanan Anda secara penuh. harga! Acara komunitas adalah cara yang bagus untuk mengenal lebih banyak orang di komunitas Anda serta membangun hubungan Anda sebagai perusahaan yang benar-benar peduli untuk berinvestasi di komunitas!

 

#3: Perlakukan Karyawan dengan Kebaikan dan Keadilan

Merayakan dan memperlakukan karyawan Anda membuat mereka merasa dilihat dan dihargai dan itu membentuk budaya perusahaan Anda menjadi tempat kerja yang diinginkan, menyenangkan, dan aman. Ini menghasilkan lebih sedikit perputaran, tingkat motivasi yang lebih tinggi, dan peningkatan kepuasan kerja. Budaya yang terbentuk dari cara Anda memperlakukan orang lain mengalir ke area lain dari bisnis Anda dan dapat berdampak positif pada komunitas yang lebih luas.

 

#4: Berjalan Dalam Integritas

Kita harus mengatasi tekanan untuk bertindak dengan cara yang tidak baik dalam menjalankan bisnis. Ini termasuk membayar kembali pinjaman kepada investor tepat waktu, menjaga pencatatan yang jujur, komunikasi yang jujur ​​di tengah tantangan, dan membayar pajak Anda yang sesuai. Reputasi yang Anda miliki sebagai pemilik bisnis akan diterjemahkan ke dalam reputasi yang dimiliki bisnis Anda. Ketika Anda berjalan dalam integritas, Anda memberi ruang bagi anggota komunitas Anda yang lain untuk bergantung pada Anda dan memberi orang lain, seperti pemberi pinjaman, kebebasan untuk memperluas layanan pemberdayaan yang sama kepada orang lain di komunitas Anda.

 

#5: Kelola Sumber Daya Anda dengan Baik

Sebagai pemilik bisnis, kita bertanggung jawab secara finansial, membayar tagihan dan karyawan kita, dan memastikan bisnis kita memiliki dana yang cukup untuk beroperasi dengan baik adalah suatu keharusan. Namun, sebagai pemilik bisnis yang digerakkan oleh nilai, kita juga memiliki tanggung jawab untuk berinvestasi di komunitas kita dan peduli dengan orang-orang di sekitar kita. Penting untuk menyadari bahwa kadang-kadang ada prioritas yang bersaing di mana keputusan bijak akan mengatakan "tidak" untuk secara nyata memenuhi kebutuhan di komunitas kita– dan ini tidak apa-apa! Namun, kita perlu menavigasi ketegangan ini dengan kebijaksanaan dan benar-benar memikirkan bagaimana kita dapat mengelola keuangan, waktu, bakat, dan upaya kita dengan lebih baik dengan cara yang menghasilkan dampak komunitas yang lebih besar.

 

Gratis unduh: Apakah Anda ingin membantu mengidentifikasi nilai-nilai pribadi dan organisasi Anda, lihat lembar kerja Audit Nilai kami, ini telah membantu banyak pemilik bisnis dan tim kepemimpinan, dan kami yakin ini akan membantu Anda juga! 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali!

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini! !!!!! Insert link to Maju Bali Business Values Driven Biz course!!!!