Maju Bali Bisnis Blog

 

Apa itu Rencana Bisnis dan Apakah Saya Membutuhkannya?

Apr 03, 2023

Rencana bisnis adalah dokumen tertulis yang menjelaskan ide bisnis Anda, proyeksi penjualan, strategi bisnis, informasi pasar, dan tujuan keseluruhan, dan memiliki rencana bisnis tertulis adalah langkah kunci dalam memulai, mengembangkan, dan mengembangkan bisnis Anda.

 

Sebuah rencana bisnis akan membantu membuktikan profitabilitas ide bisnis Anda, dan berfungsi sebagai panduan untuk mencegah Anda membuat beberapa kesalahan umum namun mahal. Rencana bisnis akan membantu Anda merencanakan, menganggarkan, dan menetapkan tujuan untuk bisnis Anda, dan akan membantu menentukan seberapa besar kemungkinan bisnis Anda akan berhasil. Selain itu, rencana bisnis dapat membantu Anda memperoleh pendanaan melalui investor yang pasti ingin tahu bahwa mereka melakukan investasi yang bijak. Tetapi meskipun Anda tidak sedang mencari investor, rencana bisnis akan membantu mengarahkan perusahaan Anda ke arah yang benar.

 

Rencana bisnis yang baik membutuhkan penelitian menyeluruh dan pengetahuan luas tentang pesaing Anda. Terus terang, menulis rencana bisnis membutuhkan banyak kerja dan usaha, tetapi itu sepadan dengan investasinya, karena penelitian menunjukkan bahwa pengusaha yang menulis rencana bisnis 2,5 kali (atau 250%) lebih mungkin untuk memulai bisnis mereka.

 

Ada beberapa jenis rencana bisnis, dan penting untuk memilih yang tepat untuk bisnis Anda. Terlepas dari format yang Anda pilih, Anda harus berpikir kritis dan menyeluruh tentang rencana bisnis Anda sebelum memulai bisnis Anda yang akan berkontribusi pada kesuksesan Anda secara keseluruhan sebagai pengusaha. 

 

Berikut adalah dua jenis rencana bisnis utama yang perlu dipertimbangkan…

 

#1: Rencana Bisnis Tradisional

Panjang rencana bisnis tradisional berkisar antara 20-100 halaman. Ini adalah dokumen mendalam yang mencakup perincian seperti informasi pasar target yang ditentukan, analisis pesaing, peluang pasar, kebutuhan keuangan, proyeksi penjualan, dan strategi pemasaran terperinci. Informasi biasanya dikategorikan ke dalam enam kategori berbeda, mengikuti format urutan tertentu. Rencana bisnis tradisional sangat bagus untuk memberikan pratinjau dan cetak biru yang terinformasi dengan baik untuk bisnis Anda. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk menginvestasikan waktu untuk menyusun rencana bisnis tradisional karena mencakup semua potongan teka-teki bisnis Anda– ini berarti lebih banyak detail dan lebih banyak informasi! Manfaat dari memiliki dokumen ini berguna adalah Anda selalu dapat mempersingkatnya atau mereferensikan bagian-bagiannya saat diperlukan.

 

#2: Rencana Bisnis Singkat

Tergantung pada ruang lingkup bisnis Anda, rencana bisnis tradisional mungkin tidak cocok untuk Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan rencana bisnis singkat. Manfaat memiliki rencana bisnis singkat adalah memberikan ringkasan ide bisnis Anda yang jelas dan ringkas. Selain itu, rencana bisnis singkat lebih mudah untuk didistribusikan, diunduh, dan diformat ulang untuk berbagai kebutuhan, seperti presentasi slide show atau email ke calon investor. Ada dua jenis rencana bisnis singkat:

 

  1. Rencana satu halaman: Ini menangkap gambaran besar bisnis Anda dalam satu halaman yang dapat Anda gunakan sebagai “elevator pitch”. 
  2. Rencana bisnis panjang: Panjangnya biasanya tiga halaman, dan itu termasuk ringkasan eksekutif dengan pernyataan pendukung singkat. 

 

Rencana bisnis singkat adalah alat yang hebat untuk digunakan saat berinteraksi dengan investor, berjejaring dengan calon pemangku kepentingan, dan mentor yang tidak memerlukan semua detail yang tercakup dalam rencana bisnis tradisional. Rencana yang lebih singkat ini bertujuan untuk mengartikulasikan dengan jelas masalah yang dipecahkan oleh bisnis Anda, keunggulan kompetitif Anda, dan informasi terpenting untuk memulai dan mengembangkan bisnis Anda.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali! 

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini!