Maju Bali Bisnis Blog

 

Apakah Saya Memiliki Apa yang Dibutuhkan untuk Memiliki Bisnis?

Feb 26, 2023

Dengan teknologi baru dan ekonomi global kita, kewirausahaan menjadi semakin populer, dan banyak orang tertarik pada gagasan untuk memulai bisnis mereka sendiri, tetapi pada kenyataannya hanya sedikit yang benar-benar mencapai tujuan ini. Mereka mungkin mengerti bahwa meskipun gagasan untuk memiliki bisnis sendiri mungkin terdengar menarik, kenyataannya ini bukan untuk semua orang dan memiliki banyak risiko. Tahukah Anda bahwa lebih dari 50% bisnis Amerika gagal dalam 3 tahun pertama. Anda mungkin menganggap ini sangat mengecilkan hati dan mungkin menjadi alasan utama keraguan Anda untuk melangkah keluar dengan iman untuk memulai perusahaan Anda sendiri. Tapi mari kita mundur selangkah dan benar-benar melihat apa yang diperlukan untuk menjadi pengusaha sukses. Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki apa yang diperlukan!



Untuk memulai bisnis Anda sendiri, hal pertama yang Anda butuhkan adalah visi yang jelas dan ide bisnis yang kuat yang mempertimbangkan faktor eksternal dan internal untuk sukses. Jika Anda tidak yakin bagaimana memilih ide bisnis yang bagus, lihat artikel ini yang menjelaskan 5 filter penting untuk menjalankan setiap ide bisnis. 

 

Setelah Anda menentukan bahwa ide bisnis Anda menjanjikan dan akan berhasil di pasar, Anda perlu menentukan apakah Anda memiliki apa yang diperlukan untuk memulai jenis bisnis itu, dan berhasil menjalankannya. Jika Anda tidak memiliki apa yang diperlukan, tidak peduli seberapa bagus idenya, kemungkinan besar Anda akan gagal.

 

Sebelum kita menyelami ciri-ciri utama pengusaha sukses, Anda perlu memahami bahwa hampir semua kualitas ini adalah hal-hal yang dapat dipelajari dan diperkuat. Jadi, jika Anda lemah di beberapa bidang, namun Anda bertekad untuk menjadikannya sebagai pengusaha, Anda tentu bisa fokus memperkuat kelemahan Anda. Jangan berkecil hati jika ada beberapa atribut yang masih perlu Anda tingkatkan– selama Anda bersedia bekerja keras untuk mengembangkan keterampilan ini, Anda masih bisa menjadi pengusaha sukses.

 

Meskipun semua karakteristik ini penting untuk disadari, kesempurnaan bukanlah tujuan, juga tidak realistis! Dan, meski Anda belum menguasai semua bidang tersebut, bukan berarti Anda belum siap untuk memulai bisnis sendiri.

 

Ketakutan akan kegagalan adalah alasan paling umum bagi orang yang tidak mewujudkan impian mereka - kami mendorong Anda untuk mengambil langkah hari ini untuk mencapai tujuan Anda di masa depan.

 

Jadi apa itu “semangat kewirausahaan” yang sering dibicarakan orang, dan bagaimana mengukurnya? Berikut adalah 10 karakteristik umum dari pengusaha sukses:

 

#1: Gairah/semangat

Pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan adalah apakah Anda benar-benar bersemangat dengan ide bisnis tersebut. Jika pemikiran untuk mengerjakan konsep bisnis ini tidak menggairahkan Anda, kemungkinan besar Anda akan cepat kehilangan motivasi dan dorongan yang dibutuhkan untuk sukses. Salah satu keuntungan berwirausaha adalah dapat memilih apa yang Anda lakukan, jadi pastikan untuk memilih sesuatu yang Anda sukai. Dan ketika melihat wirausahawan terhebat dan tersukses di dunia, mereka semua menikmati tantangan pekerjaan mereka dan bersemangat tentangnya. Keuntungan dan kekayaan bukanlah kekuatan pendorong mereka. Saat Anda mengambil pekerjaan, selalu ada pilihan untuk pindah ke pekerjaan lain jika Anda memutuskan itu tidak cocok. Tetapi ketika memulai bisnis Anda sendiri, itu lebih seperti pernikahan dan tingkat komitmen Anda jauh lebih tinggi. Jangan anggap enteng keputusan ini.

 

 

#2: Komunikator yang Baik

Pemimpin yang kuat dan sukses adalah komunikator yang baik, dan komunikasi yang jelas diperlukan di semua bidang bisnis– mulai dari berinteraksi dengan klien, pemangku kepentingan, investor, atau tim Anda sendiri, komunikasi yang baik dapat membantu Anda menghindari konflik yang tidak perlu. Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti akan menghadapi proses dan keputusan operasional yang sensitif terhadap waktu, masalah mendesak yang perlu Anda atasi, dan kejadian tak terduga yang membuat pelanggan dan karyawan membutuhkan informasi dan jawaban. Menjadi komunikator yang baik adalah faktor kunci untuk semua elemen ini dan mungkin yang paling penting, menjadi komunikator yang baik adalah kontributor pendorong untuk membangun hubungan yang sehat yang menghasilkan keuntungan bersama.

 

#3: Kebulatan Tekad

Tidak mengherankan bahwa memulai dan menjalankan bisnis Anda sendiri sangat menuntut, dan kadang-kadang tekanannya tampak luar biasa dan gagasan untuk berhenti bisa sangat menggoda. Tapi pengusaha sukses memiliki ketekunan yang dapat membantu mereka mengatasi cobaan dan ketidakpastian, dan ini merupakan karakteristik kunci untuk kewirausahaan yang sukses. Mengembangkan bisnis untuk mencapai kedewasaan dan potensi penuhnya membutuhkan waktu, dan hanya mereka yang berkomitmen untuk mengatasi tantangan yang akan menuai keuntungan.

 

#4: Bersedia Mengambil Risiko

Sederhana saja - memulai bisnis itu berisiko. Tetapi risikonya tidak berhenti dengan meluncurkan perusahaan baru Anda, mereka terus berlanjut sepanjang hidup bisnis. Pengambilan risiko bukan tidak bertanggung jawab atau terbang-malam, itu termasuk sepenuhnya menilai situasi dan konteks, dan membuat keputusan sulit (walaupun diinformasikan) untuk kebaikan bisnis dan orang lain. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus percaya pada diri sendiri, produk Anda, dan merek Anda, dan Anda harus bersedia untuk berusaha keras, mencoba hal-hal baru, dan kemudian mengadvokasi keputusan dan perubahan yang Anda terapkan. Kewirausahaan tidak mudah, tetapi pasti menyenangkan!

 

#5: Belajar Dari Kegagalan

Pengusaha sukses belajar dari kegagalan mereka. Jika dimanfaatkan dengan benar dan sengaja, organisasi dapat menjadi lebih kuat, lebih baik, dan lebih halus melalui kegagalan mereka. Untuk mendapatkan nilai dari kegagalan, penting bahwa bisnis "gagal dengan cepat", artinya pemilik dan tim kepemimpinan harus proaktif dalam mengidentifikasi alasan kegagalan dan cepat menerapkan strategi untuk bergerak maju. Pola pikir berkembang inilah yang membedakan pengusaha sukses dari yang lain. 

 

#6: Lakukan Dengan Baik Di Bawah Tekanan

Faktor eksternal di luar kendali Anda pasti akan memengaruhi bisnis dan operasi Anda – contohnya dapat mencakup penurunan ekonomi, pergeseran tren masyarakat, peristiwa politik, bencana alam, atau krisis global, dan respons Anda akan menguji kemampuan Anda untuk memimpin perusahaan menuju kesuksesan . Tetapi tekanan tidak berakhir di sana – selain faktor eksternal, peristiwa internal juga dapat membebani bisnis Anda dan menyebabkan Anda mengalami tekanan yang signifikan. Tekanan internal dapat mencakup perputaran karyawan, skandal media sosial atau publisitas buruk mengenai karyawan atau produk Anda, budaya perusahaan, kinerja karyawan yang buruk, dan hubungan kerja yang sulit. Pengusaha harus bertahan dan menahan tekanan dengan cara yang matang, bijaksana dan bijaksana. 

 

#7: Motivasi Diri

Banyak orang tertarik pada kepemilikan bisnis karena mereka ingin menjadi bos bagi diri mereka sendiri. Meskipun ini adalah keuntungan dari kewirausahaan, banyak orang tidak menyadari bahwa dengan kebebasan dan fleksibilitas itu, muncul kebutuhan akan disiplin diri, motivasi dan dorongan, yang akan menjadi karakteristik untuk membuat Anda tetap fokus dan bergerak maju saat Anda bekerja berjam-jam. untuk pengembalian yang tidak banyak. Pengusaha sukses harus mengatur waktu mereka dengan baik dan disiplin dalam menetapkan tujuan dan memenuhi tenggat waktu. Tanpa motivasi, pemilik bisnis dengan cepat kehilangan momentum yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis mereka. 

 

#8: Terbuka untuk Saran dan masukan

Jika Anda ingin sukses, Anda harus rendah hati dan terbuka terhadap umpan balik, meskipun menyakitkan untuk didengar. Pemilik bisnis yang efektif akan mencari nasihat bijak dari mentor bisnis dan pemimpin industri lainnya, dan menerima umpan balik dengan kerendahan hati. Memiliki jiwa kewirausahaan mencakup kemampuan untuk tidak menganggap umpan balik yang membangun sebagai kritik pribadi, melainkan sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Ketika Anda terbuka untuk saran dan kritik yang membangun, Anda akan memperkuat hubungan, reputasi Anda, dan kemungkinan Anda untuk sukses akan meningkat.  

 

#9: Pembuat Keputusan yang Efektif

Sebagai seorang wirausahawan, penting bagi Anda untuk menjadi pengambil keputusan yang efektif, mampu membuat keputusan berdasarkan pertimbangan, keyakinan, dan kebijaksanaan. Satu keputusan yang buruk dapat menghancurkan reputasi atau kerja keras Anda selama bertahun-tahun, jadi Anda harus memiliki niat dan kesengajaan saat membuat keputusan untuk perusahaan Anda. Keragu-raguan atau pengambilan keputusan yang ceroboh dapat membuang waktu, energi, sumber daya, dan menyebabkan kerusakan yang signifikan pada perusahaan Anda. Pengambilan keputusan yang baik adalah keterampilan yang harus dipelajari, dikembangkan, dan dipraktikkan oleh semua pengusaha. 

 

#10: Relasional

Bisnis adalah tentang hubungan, selamanya. Anda dapat memiliki perusahaan dan produk yang paling menakjubkan, tetapi jika Anda tidak terhubung dengan baik atau berhubungan dengan orang lain, atau jika Anda memperlakukan orang dengan buruk dan mendapatkan reputasi negatif, bisnis Anda tidak akan bertahan lama. Dan sebagai pengusaha yang digerakkan oleh nilai dengan perhatian pada dampak masyarakat, Anda harus lebih memahami pentingnya membangun dan membangun hubungan positif dengan semua orang di sekitar Anda, termasuk kepemimpinan, karyawan, pelanggan, pemangku kepentingan, dan bahkan masyarakat umum. Pemilik bisnis yang sukses menghargai orang dan hubungan, semakin membangun mereka dalam komunitas dan industri mereka. 

 

Jika Anda ingin menilai karakteristik kewirausahaan Anda untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda, gunakan Penilaian Diri Wirausaha gratis kami. Gunakan itu untuk membuat sasaran pertumbuhan atau untuk memproses dan bekerja dengan mentor atau pelatih bisnis Anda.

 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali! 

 

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini!