Maju Bali Bisnis Blog

 

Kenali Persaingan Anda untuk Membantu Bisnis Anda

Apr 16, 2023

Indikator utama seberapa baik bisnis Anda akan berjalan, adalah seberapa baik Anda mengetahui dan memahami pesaing Anda, dan apa yang Anda lakukan dengan pengetahuan itu.

 

Tidak peduli ukuran, lokasi, atau industrinya, semua bisnis pada akhirnya akan menghadapi persaingan. Dengan teknologi saat ini, orang dapat membeli dan menerima barang hampir dari mana saja di dunia. Beberapa tahun yang lalu pesaing terbesar bisnis mungkin adalah bisnis batu bata dan mortir di sekitar sudut. Namun persaingan saat ini lebih kompleks dan sengit, artinya Anda harus menjadi yang terbaik!

 

Siapa Pesaing Anda?

Persaingan sebenarnya melampaui industri spesifik Anda, dan semua pemilik bisnis harus memahami bahwa ada dua jenis persaingan: langsung dan tidak langsung.

 

Jika Anda memiliki restoran, tidak terlalu rumit untuk memahami bahwa restoran lain di daerah Anda adalah pesaing, dan ini disebut "persaingan langsung".

 

Namun, naif dan mahal bagi Anda untuk berasumsi bahwa restoran lain adalah satu-satunya pesaing Anda. Sebenarnya Anda juga pasti akan menghadapi “persaingan tidak langsung”, yang mencakup bisnis atau peluang lain yang dapat menarik pelanggan potensial dan uang mereka menjauh dari Anda. Dengan contoh restoran, pesaing tidak langsung mungkin termasuk memasak di rumah, berbelanja di toko kelontong, memanaskan makanan beku, atau bisnis lain yang bersaing untuk mendapatkan uang konsumen.

 

Mengidentifikasi pesaing Anda bukanlah sesuatu yang Anda lakukan hanya saat melakukan riset pasar atau menulis rencana bisnis Anda. Sebaliknya, menilai dan bereaksi terhadap pesaing Anda harus menjadi proses yang berkelanjutan untuk kehidupan bisnis Anda. Anda harus terus-menerus menyadari siapa yang memasuki pasar Anda serta bisnis yang keluar dari pasar. Selanjutnya, pesaing tidak langsung dapat tiba-tiba menjadi pesaing langsung dan sebaliknya. Misalnya, toko kelontong di ujung jalan dari restoran Anda mungkin memutuskan untuk mengembangkan bisnis mereka dengan meluncurkan restoran baru di dalam toko kelontong mereka. Apa yang dulunya merupakan pesaing tidak langsung kini telah menjadi pesaing langsung yang berpotensi menjadi ancaman terbesar Anda.

 

Mengapa Mengetahui Kompetisi Anda Penting

Mengetahui pesaing Anda sangat bermanfaat, karena memberikan tolok ukur untuk perbandingan, memberikan wawasan tambahan tentang produk apa yang menarik bagi pasar sasaran bersama Anda, membantu Anda menetapkan poin harga, memperjelas keunggulan kompetitif Anda, dan mengenali area yang perlu Anda tingkatkan.

 

Mungkin alasan paling signifikan untuk mengetahui pesaing Anda adalah karena hal itu memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan lebih memahami keunggulan kompetitif Anda. Ketika Anda memahami dan dapat mengartikulasikan keunggulan kompetitif Anda, Anda akan dapat dengan lebih mudah menetapkan tujuan bisnis dan menentukan strategi yang paling sesuai dengan perusahaan Anda. Informasi ini juga dapat membantu Anda mengklarifikasi pesan Anda kepada pelanggan potensial dan mendorong strategi merek Anda dengan tujuan meningkatkan permintaan, penjualan, dan loyalitas pelanggan.

 

Dengan memahami dan mempelajari strategi bisnis pesaing Anda, Anda juga dapat mempelajari apa yang bekerja dengan baik dan apa yang dapat dilakukan dengan lebih baik, dan kemudian menerapkan perubahan dalam cara Anda menjalankan bisnis Anda. Mengetahui apa yang Anda lakukan dengan baik dibandingkan dengan pesaing Anda akan membantu membangun kepercayaan diri dan reputasi Anda.

 

Sebelum Anda memulai bisnis, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang pesaing Anda sehingga Anda dapat secara akurat menilai perbandingan Anda dengan mereka sebelum menginvestasikan energi, waktu, dan modal Anda. Saat mengevaluasi pesaing Anda, Anda harus benar-benar jujur โ€‹โ€‹dengan diri Anda sendiri dan secara objektif memutuskan apakah bisnis Anda memiliki potensi yang cukup untuk menghasilkan keuntungan saat disematkan terhadap para pesaingnya.

 

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pesaing Anda

Saat meneliti pesaing Anda, cari informasi ini…

  • Harga
  • Pelayanan pelanggan
  • Kekuatan
  • Kelemahan
  • Variasi produk
  • Jumlah Karyawan
  • Tingkat gaji dan struktur gaji karyawan
  • Strategi pemasaran
  • Metode pengiriman dan distribusi
  • Rambu
  • Lokasi
  • Diskon, kupon yang ditawarkan, atau program loyalitas pelanggan
  • Penggunaan teknologi (Apakah mereka memiliki situs web? Bagaimana mereka menjalankan media sosial mereka?)
  • Platform komunikasi
  • Informasi keuangan
  • Demografi pelanggan
  • Tren penjualan

 

Bagaimana Mengumpulkan Informasi Ini

Melakukan analisis pesaing mungkin tampak berlebihan pada awalnya, tetapi sebenarnya tidak terlalu sulit. Meskipun ada sedikit informasi yang harus dikumpulkan dan diatur, proses pengumpulan data sebenarnya bukanlah proses yang sangat rumit.

Mungkin cara termudah untuk mengumpulkan informasi ini adalah melalui internet. Adalah baik untuk meneliti pesaing Anda secara online melalui situs web dan akun media sosial mereka. Namun, untuk penelitian yang lebih mendetail dan untuk mengumpulkan informasi yang lebih spesifik dan berharga yang dapat membantu kesuksesan bisnis Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengunjungi lokasi pesaing secara fisik dan mengumpulkan data dengan cara itu! Penting juga bagi Anda untuk mengetahui reputasi pesaing Anda di masyarakat untuk layanan pelanggan, harga dan kualitas.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali! 

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini! !!!!!