Maju Bali Bisnis Blog

 

Mengapa Anda Membutuhkan Mentor Bisnis

Dec 12, 2022

“Mentoring adalah pikiran untuk memilih, telinga untuk mendengarkan, dan dorongan ke arah yang benar.” —John Crosby

Kesalahan mahal namun terlalu umum yang dilakukan oleh pemilik bisnis baru adalah berpikir bahwa mereka dapat menyelesaikannya sendiri, dan oleh karena itu mereka tidak meluangkan waktu untuk mencari mentor/pembina bisnis.

 

Memulai dan mengembangkan bisnis bisa jadi sulit dan melelahkan - ciri sejati seorang pemimpin bisnis adalah kemampuan untuk menyadari bahwa Anda tidak dapat melakukan semuanya sendiri. Memiliki seorang mentor sebagai bagian dari sistem pendukung Anda adalah langkah kunci untuk Anda dan bisnis Anda mencapai potensi penuh.

 

Saat Anda memulai perjalanan bisnis, Anda pasti akan menghadapi tantangan, pertanyaan, dan kejadian tak terduga yang mempengaruhi operasi bisnis Anda dan saat itulah memiliki mentor bisnis sangat membantu. Mentor bisnis adalah seseorang dengan pengalaman bisnis yang bersedia mendampingi Anda sebagai penyemangat dan pemberi saran saat Anda menjalankan apa artinya memiliki dan mengoperasikan bisnis Anda sendiri.

 

Meskipun hubungan pendampingan dapat mengambil berbagai bentuk– informal, formal, tatap muka, online, jangka pendek, jangka panjang, dll– seorang mentor harus menawarkan bimbingan dan dukungan saat Anda menghadapi banyak hal yang tidak diketahui yang akan datang dengan memiliki bisnis dan pada akhirnya membantu Anda meningkatkan dan mengembangkan strategi bisnis Anda. Memiliki mentor bisnis memberi Anda seseorang untuk bertukar pikiran, masukan/umpan balik yang handal untuk membantu meningkatkan bisnis Anda, perluasan jaringan profesional Anda, dan akuntabilitas saat Anda berusaha mencapai tujuan bisnis Anda.

 

Pengaruh seorang mentor yang baik juga melampaui ruang lingkup bisnis Anda dan mengalir ke dalam kehidupan pribadi Anda untuk mendorong Anda maju menuju kesuksesan bisnis serta kesuksesan pribadi. Menemukan seorang mentor dengan nilai-nilai yang sama akan menghasilkan peningkatan kepuasan kerja, tujuan yang besar dalam upaya bisnis, dan peningkatan motivasi untuk mengejar tujuan Anda.

 

Mentor/Pembimbing/Pembina bisnis adalah kunci keberhasilan kewirausahaan. Menemukan seorang mentor harus menjadi prioritas utama bagi semua calon pemilik bisnis. Semakin cepat Anda mengembangkan hubungan mentor-mentee, semakin baik! Idealnya, Anda akan mulai bertemu dengan seorang mentor pada tahap awal mengklarifikasi ide bisnis Anda, menyusun rencana bisnis Anda, dan mempersiapkan peluncuran bisnis Anda. Sebelum Anda mulai mencari mentor, penting untuk mengetahui mentor seperti apa yang harus Anda cari…

 

Karakteristik Utama yang Harus Diperhatikan dalam memilih Seorang Mentor Bisnis:

 

  • Pengalaman atau pengetahuan yang relevan dan dapat dibagikan
  • Bersemangat untuk memberdayakan dan melengkapi calon pemilik bisnis
  • Bersedia memberikan masukan yang membangun dan jujur
  • Berusaha untuk mendorong dan mendukung impian bisnis Anda
  • Mampu mengajar dan berbagi keahlian yang berharga untuk membantu di saat-saat sulit
  • Memiliki nilai yang sama,  yang selaras dengan nilai inti bisnis Anda
  • Merayakan dalam keberhasilan Anda dan mendorong Anda dalam kegagalan Anda
  • Membuat Anda bertanggung jawab atas tujuan bisnis Anda
  • Mendengarkan dengan baik dan memberikan kontribusi wawasan
  • Menjaga komunikasi dalam hubungan mentor-mentee

 

Jika Anda tidak memiliki seseorang yang menurut Anda akan menjadi mentor bisnis yang tepat untuk Anda, pembinaan bisnis profesional adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan dengan serius. Seorang pelatih bisnis dapat mengisi kekosongan seorang mentor dan menawarkan panduan dan alat yang berharga untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda, dan bahkan mengidentifikasi calon mentor dalam lingkaran pribadi dan profesional Anda.

Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang pelatihan bisnis profesional kami, silahkan hubungi kami, kami ingin terhubung!