Maju Bali Bisnis Blog

 

Mengapa Kebanyakan Bisnis Gagal?

Mar 28, 2023

Bagian dari menjadi wirausahawan adalah bersedia mengambil risiko. Tidak mengherankan bahwa tidak semua bisnis “berhasil.”

 

Faktanya, lebih dari 50% dari semua bisnis baru gagal dalam 3 tahun pertama. Yang lebih disayangkan, bagaimanapun, adalah kenyataan bahwa alasan kegagalan bisnis biasanya dapat dihindari!

 

Karena itu - Anda perlu memahami kesalahan paling umum yang dihadapi calon pemilik bisnis saat mereka bersiap untuk meluncurkan bisnis mereka.

 

Alasan paling umum bisnis kecil gagal adalah

  • salah urus keuangan
  • rencana bisnis yang tidak jelas
  • tidak mendengarkan pelanggan
  • memperlakukan karyawan secara tidak adil
  • kurangnya delegasi
  • menyerah terlalu dini
  • pengambilan keputusan yang buruk.

 

Untuk berhasil sebagai pemilik bisnis, Anda HARUS menyadari tujuh alasan umum kegagalan bisnis ini sehingga Anda dapat menghindarinya dan memimpin bisnis Anda menuju kesuksesan!

 

#1: Manajemen Keuangan yang Buruk

Entah itu tidak memiliki cukup uang untuk memulai bisnis, salah menangani keuangan, atau tidak memiliki tabungan yang disisihkan untuk keadaan darurat, manajemen keuangan yang tidak memadai adalah salah satu alasan paling umum bisnis gagal. Memulai bisnis berarti menginvestasikan sejumlah besar waktu, sumber daya, dan energi – membuat keputusan keuangan yang terinformasi sangat penting untuk kelangsungan bisnis apa pun.

 

#2: Rencana Bisnis yang Tidak Jelas

Tidak memiliki visi yang jelas, mencoba menawarkan terlalu banyak produk atau layanan, kurangnya riset sebelum meluncurkan bisnis, dan pemasaran yang tidak memadai adalah semua indikator dari rencana bisnis yang tidak jelas. Mengetahui "apa" dan "bagaimana" penting untuk menjaga fokus yang sempit sehingga Anda dapat mencapai tujuan perusahaan.

 

Bahkan yang lebih penting, bagaimanapun, adalah "mengapa" perusahaan. Tanpa dasar yang kuat dari rencana bisnis yang jelas, hampir tidak mungkin sebuah bisnis berkembang.

 

#3: Tidak Mendengarkan Pelanggan

Sebuah bisnis berhasil ketika mengetahui apa yang diinginkan pelanggannya dan apa yang mereka bersedia bayar untuk itu. Mengabaikan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran atau tidak mau melakukan perubahan berdasarkan umpan balik pelanggan adalah cara yang pasti untuk mengurangi keuntungan.

 

#4: Memperlakukan Karyawan Secara Tidak Adil

Seringkali, pemilik bisnis lupa bahwa cara mereka memperlakukan staf mereka memiliki dampak yang jauh lebih besar pada budaya dan pada akhirnya keuntungan bisnis daripada yang mereka sadari. Praktik ketenagakerjaan yang tidak adil, upah rendah, pelatihan yang buruk, dan kurangnya sistem akuntabilitas merupakan faktor penyebab kegagalan bisnis.

#5: Kurangnya Delegasi

Pemilik bisnis yang cenderung berpikir bahwa mereka perlu melakukan semuanya sendiri dan / atau mengatur staf mereka, seringkali berakhir dengan tekanan tambahan yang tidak perlu yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis. Kebutuhan untuk menyerahkan pengambilan keputusan, tugas, tugas, dan tanggung jawab tertentu kepada orang lain adalah pelajaran penting bahwa pemilik bisnis sering belajar dengan cara yang sulit atau ketika sudah terlambat.

 

#6: Menyerah Terlalu Dini

Tahukah Anda bahwa dibutuhkan waktu 1-3 tahun bagi sebuah bisnis untuk mencapai titik impas?

 

Butuh waktu lama untuk mulai melihat bisnis menjadi menguntungkan dan butuh banyak ketekunan. Dan meskipun ada beberapa kasus di mana bisnis harus ditutup karena alasan yang sah, terlalu umum bagi pemilik bisnis untuk menutup bisnis mereka sebelum waktunya.

 

#7: Pengambilan Keputusan yang Buruk

Membuat keputusan yang buruk adalah cara tercepat untuk membunuh bisnis. Ketika orang memulai bisnis mereka, mungkin tergoda untuk membuat keputusan yang mengarah pada hasil instan daripada memikirkan lintasan bisnis jangka panjang. Kurangnya akuntabilitas dan bimbingan, pemikiran jangka pendek, dan ketidakselarasan dengan rencana bisnis semuanya berkontribusi pada pengambilan keputusan yang buruk.

 

Berhentilah membuang-buang waktu dan uang untuk bisnis Anda. Hubungi kami hari ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang menghindari kesalahan ini, dan mempelajari apa yang dapat ANDA LAKUKAN untuk memastikan kesuksesan.

 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali!

 

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini!