Maju Bali Bisnis Blog

 

Apa itu Anggaran Bisnis?

Nov 24, 2022

Meskipun anggaran bisnis merupakan faktor penting untuk sukses, lebih dari 50% usaha kecil tidak memiliki anggaran formal.

Anggaran memungkinkan Anda memanfaatkan sumber daya sebaik mungkin sambil berkontribusi pada perencanaan jangka pendek dan jangka panjang bisnis Anda.

Anggaran juga merupakan perwujudan dari nilai-nilai inti Anda – anggaran tersebut mengkomunikasikan kepada pelanggan dan pemangku kepentingan apa yang Anda pedulikan dan apa yang Anda prioritaskan melalui laporan keuangan Anda.

Sayangnya, terlalu umum bagi pemilik bisnis baru untuk menempatkan anggaran pada backburner dan konsekuensi yang diperolehnya mahal. Membangun anggaran bisnis adalah hal yang harus dilakukan sebelum meluncurkan bisnis Anda karena tanpa itu, Anda tidak dapat memahami kinerja bisnis Anda.

Manfaat memiliki anggaran…

  • Berkontribusi secara signifikan terhadap kesuksesan jangka panjang bisnis Anda
  • Mengintegrasikan keuangan Anda dengan sasaran strategis Anda secara mingguan, bulanan, dan tahun ke tahun
  • Menyoroti tren pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda– Anda dapat merencanakan “tertinggi” dan “terendah” musiman dengan melacak pengeluaran masa lalu
  • Menghasilkan pelacakan keuangan yang efektif
  • Memungkinkan Anda mengidentifikasi keuangan “surplus” yang dapat Anda investasikan kembali
  • Memprediksi apa yang diperlukan agar bisnis Anda menjadi menguntungkan
  • Memperkirakan pendapatan dan pengeluaran di masa depan untuk menghindari hutang
  • Memudahkan dalam mengelola dan mengontrol aktivitas operasional bisnis Anda
  • Membuat Anda tetap bertanggung jawab dalam mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik– ini membantu Anda memastikan bahwa Anda membelanjakan uang pada waktu dan tempat yang tepat
  • Mendorong keputusan bisnis yang penting
  • Memungkinkan Anda melihat tempat-tempat di mana Anda dapat mengurangi pengeluaran atau menyesuaikan alokasi anggaran tertentu

 

 

 

 

3 Karakteristik Penting Anggaran

 

  1. Anggaran adalah Proses Berkelanjutan

Kebutuhan dan arus masuk perusahaan Anda akan terus berubah – karena hal ini terjadi, Anda harus memperbarui dan memodifikasi anggaran Anda agar akurat dan mutakhir.

 

  1. Anggaran Memiliki Tujuan:

Perencanaan keuangan Anda harus selaras dengan tujuan bisnis Anda yang lebih luas. Bahkan ketika peristiwa tak terduga terjadi yang memengaruhi bisnis Anda, anggaran memungkinkan Anda untuk tetap fokus dan membantu mengarahkan dan mengalokasikan kembali sumber daya Anda untuk memenuhi tujuan Anda di tengah perubahan dan jalan memutar yang tak terhindarkan dalam industri.

 

  1. Anggaran Ditulis

Jika anggaran tidak ditulis di atas kertas atau dimasukkan ke dalam komputer, itu tidak lebih dari sebuah keinginan. Anggaran membantu Anda memahami di mana bisnis Anda berada dan kemana arahnya. Anggaran formal tertulis meningkatkan peluang Anda untuk sukses dan memberikan panduan untuk membuat Anda tetap bertanggung jawab saat Anda membuat keputusan keuangan penting untuk bisnis Anda.

Penganggaran adalah bagian dari perencanaan untuk masa depan keuangan Anda dan salah satu keterampilan terpenting yang dapat Anda pelajari.

Dengan mengetahui terlebih dahulu ke mana uang Anda akan pergi dan bagaimana uang itu akan dibelanjakan, Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk mewujudkan impian bisnis Anda!

Jika Anda tidak memiliki aplikasi anggaran, program, atau proses yang jelas, klik di sini untuk mengunduh alat penganggaran tahunan gratis kami.

“Penganggaran bukan tentang membatasi diri Anda – ini tentang membuat hal-hal yang membuat Anda bersemangat.”