Maju Bali Bisnis Blog

 

Bisnis Saya Kehilangan Uang! Apa yang harus saya lakukan?

May 30, 2024

Memulai bisnis bisa jadi sulit - membuat rencana bisnis Anda, membuat layanan pelanggan atau strategi pemasaran, atau mengembangkan rencana kepemimpinan atau pertumbuhan, memulai bisnis adalah kerja keras! Namun, tantangan terbesar adalah menjadi menguntungkan dan memastikan bahwa bisnis Anda menghasilkan pendapatan yang cukup.

 

Sangat mengecewakan untuk mengalami arus kas negatif pada akhir bulan.. Anda mungkin berpikir ini berarti Anda harus menutup bisnis Anda. Namun, belum tentu demikian – bagian dari menjadi pengusaha sukses adalah mengetahui kapan harus bertahan dan kapan harus mundur.

 

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik bisnis baru adalah menyerah terlalu dini. Nasihat dari mentor bisnis Anda serta penilaian yang jujur ​​​​tentang posisi perusahaan Anda akan membantu Anda membuat keputusan yang bijak jika Anda harus terus maju meskipun untung negatif.

 

Jadi, jika Anda telah memutuskan bahwa menutup bisnis Anda berarti menyerah terlalu dini, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus Anda lakukan terhadap arus kas negatif Anda. Pertama, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian. Banyak bisnis baru atau bisnis yang berkembang sering beroperasi dengan kerugian selama satu musim dan mampu pulih dengan baik.

 

Berikut adalah lima langkah yang harus diikuti jika perusahaan Anda merugi…

 

#1: Lacak Keuangan Anda dan Lakukan Penyesuaian

Prioritas nomor satu Anda saat mengalami arus kas negatif adalah membatasi pengeluaran dan meningkatkan pendapatan Anda. Dan meskipun ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, ada langkah nyata untuk menilai kembali keuangan Anda dan mengidentifikasi area yang dapat diubah. Untuk memastikan bahwa biaya Anda serendah mungkin dan untuk meningkatkan pendapatan Anda, Anda harus meninjau keuangan Anda untuk menentukan ke mana perginya uang Anda.

 

Anda tidak akan dapat melakukan ini kecuali Anda teratur! Disorganisasi, terutama terkait keuangan Anda, adalah salah satu masalah waktu dan uang yang paling dapat dicegah. Manajemen keuangan yang tidak memadai dan tidak terorganisir mungkin menjadi salah satu alasan bisnis Anda merugi. Melacak keuangan Anda akan membantu Anda mengidentifikasi area pemborosan potensial, seperti biaya overhead yang tidak perlu, yang akan membantu Anda mengurangi biaya

 

Artikel tentang penganggaran ini atau postingan ini pada profitabilitas  dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak kendali atas keuangan Anda. 

 

#2: Temui Mentor Anda

Bertemu dengan mentor bisnis Anda adalah langkah kunci untuk pulih dari kerugian finansial yang mungkin dialami bisnis Anda. Mereka dapat memberikan masukan, nasihat yang berharga, dan mungkin memiliki pengalaman serupa untuk dibagikan kepada Anda. Selain nasihat bisnis nyata yang diberikan oleh para mentor, mereka juga dapat menjadi teman yang mendukung saat Anda melewati masa-masa yang tidak pasti. Mengalami arus kas negatif menghasilkan stres dan konsekuensi emosional negatif, yang dapat menyebabkan pengambilan keputusan bisnis dan pribadi yang tidak terinformasi dengan baik. Bertemu dengan mentor bisnis Anda akan menghadirkan perspektif luar yang dapat membantu Anda tetap tenang selama masa-masa penuh tekanan ini. 

 

#3: Analisa Pesaing Anda

Jika perusahaan Anda merugi, meluangkan waktu untuk menganalisis pesaing Anda sangat penting untuk meningkatkan pendapatan Anda. Proses ini akan menunjukkan kepada Anda apa yang berhasil dan tidak berhasil untuk pesaing Anda dan ini akan memberi Anda titik perbandingan yang bermanfaat. Temuan Anda mungkin mendorong Anda untuk melakukan perubahan tertentu yang akan menurunkan biaya dan meningkatkan pendapatan. Misalnya, setelah menganalisis pesaing Anda, Anda mungkin menemukan bahwa titik harga Anda terlalu rendah atau terlalu tinggi. Penyesuaian harga yang sederhana dapat menghasilkan lebih banyak pembelian atau margin keuntungan yang lebih tinggi per penjualan. 

 

#4: Buat Rencana!

Setelah Anda mengidentifikasi bahwa bisnis Anda merugi, Anda harus membuat rencana. Dengan itu, penting untuk tetap tenang dan menghindari membuat keputusan impulsif atau perubahan besar pada bisnis Anda tanpa memikirkannya. Jika memungkinkan, hentikan berutang dan hentikan strategi pertumbuhan apa pun yang membutuhkan investasi finansial yang signifikan. Sekali lagi, hanya karena bisnis Anda merugi tidak menandakan akhir dari bisnis Anda! Dalam banyak kasus, mengevaluasi kembali operasi bisnis Anda dan membuat rencana untuk pulih akan membuat Anda berada di jalur yang baik. Mungkin bermanfaat untuk membuat rencana bisnis 60 atau 90 hari yang berfokus untuk membuat perusahaan Anda menguntungkan dalam jangka waktu tersebut. Ini memungkinkan Anda untuk memfokuskan upaya Anda untuk mengatasi poin rasa sakit Anda dengan tenggat waktu, tolok ukur, dan tujuan yang nyata.

 

#5: Pastikan Pasar Anda Tahu Tentang Anda

After taking the time to reassess your business, analyzing your competitors, and meeting with mentor bisnis Anda, Anda mungkin menemukan bahwa pelanggan tidak tahu Anda ada dan ini mungkin berkontribusi pada arus kas negatif Anda. Menumbuhkan kehadiran Anda – baik secara online maupun di antara komunitas Anda – dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan Anda dalam jangka waktu tertentu. Mengevaluasi aktivitas promosi dan strategi pemasaran Anda adalah cara yang bagus untuk mulai mengembangkan keberadaan Anda. Kecuali orang tahu tentang Anda dan bisnis Anda, akan sangat sulit untuk mendapatkan pelanggan yang cukup.

Memulai dan menjalankan bisnis bisa terasa luar biasa, dan penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk kepemilikan bisnis.

 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali! 

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini!