Maju Bali Bisnis Blog

 

Cara Memilih Ide Bisnis yang Menguntungkan

Feb 16, 2023

Memilih bisnis apa yang akan dimulai bisa jadi menantang dan membuat stres, dan pada akhirnya, jika Anda salah memilih ide, bisnis Anda kemungkinan besar akan gagal. Kegembiraan awal memulai bisnis baru mungkin membawa Anda ke titik pembukaan, tetapi profitabilitas adalah hal yang akan membuat pintu Anda tetap terbuka.

 

Memulai bisnis itu sulit – dibutuhkan banyak waktu, energi, tenaga, dan investasi keuangan. Dan profitabilitas serta kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan akan bergantung pada kualitas ide bisnis Anda.

 

Jadi, bagaimana Anda bisa tahu jika ide bisnis Anda bagus dan akan menghasilkan keuntungan? Meskipun tidak ada metode membuktikan ide bodoh, ada lima filter penting yang dapat Anda gunakan untuk menilai ide bisnis Anda guna membantu menentukan kemungkinan keberhasilannya.

 

#1: Anda Bergairah Tentang Itu

 

Dengan setiap ide bisnis Anda harus jujur ​​- apakah Anda benar-benar bersemangat dengan ide ini?. Jika Anda tidak tertarik untuk bekerja di industri itu atau dengan klien atau pelanggan yang akan menarik ide bisnis, maka Anda harus beralih ke ide lain. Sebagai wirausahawan, Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu mengerjakan bisnis Anda, dengan orang-orang dan pelanggan Anda, dibandingkan dengan bagian lain dari hidup Anda. Jadi lebih baik anda pastikan anda memiliki passion untuk bertahan di bidang tersebut. Jika Anda tidak menikmati bekerja dalam jenis bisnis tersebut, maka Anda sebaiknya tidak mengejar ide bisnis tersebut. Dorongan profitabilitas tidak cukup untuk membuat Anda terus maju, dan kemungkinan besar Anda akan berakhir sengsara jika hanya mengejar uang dan profitabilitas. Untuk menemukan ide bisnis yang sesuai dengan bakat, keterampilan, dan minat Anda, lihat Survei Ide Bisnis kami.

 

#2: Harus Memenuhi Kebutuhan

Hal pertama yang harus dipahami tentang bisnis adalah kenyataan bahwa setiap bisnis memiliki satu tujuan yang sama - untuk memecahkan masalah orang. Produk atau layanan Anda harus memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan Anda sehingga mereka bersedia membayar uang untuk itu. Dorongan untuk memperoleh pendapatan adalah sekunder, ini adalah hasil alami – dan memecahkan masalah untuk pelanggan adalah yang utama. Untuk mengetahui apakah ide bisnis Anda memenuhi kebutuhan, Anda harus mengetahui target pasar Anda. Dan Anda juga harus mengetahui masalah yang dihadapi pasar Anda dan bagaimana mereka ingin masalah tersebut diselesaikan. Sejujurnya - jika pelanggan Anda tidak membutuhkan produk atau layanan Anda, mereka tidak akan membelinya. Bagian lain dari memilih ide bisnis yang tepat adalah memastikan bahwa kebutuhan atau keinginan yang dipenuhi tidak cepat berlalu atau sementara - Anda harus memastikan ada keberlanjutan dan umur panjang untuk kebutuhan yang ingin Anda tangani. 

 

#3: Potensi Kuat Untuk Profitabilitas/keuntungan

 

Orang yang membutuhkan atau menginginkan produk Anda tidak cukup untuk membuat perusahaan Anda menguntungkan. Anda juga harus memastikan bahwa produk atau layanan akan memberikan keuntungan yang cukup, dan Anda harus memastikan bahwa cukup banyak pelanggan yang membutuhkan produk atau layanan Anda untuk menjamin usaha dan produksi Anda. Untuk mengetahui hal ini, Anda harus mengukur ukuran pasar sasaran Anda untuk memastikan bahwa ada cukup banyak orang yang tertarik dengan apa yang ditawarkan perusahaan Anda. Selain itu, penting untuk mengidentifikasi titik harga Anda dan melakukan analisis biaya untuk mengetahui berapa banyak yang akan Anda belanjakan dan berapa banyak yang perlu Anda jual untuk mengimbangi biaya Anda dan menghasilkan keuntungan. Banyak pengusaha melewatkan langkah ini dan membuat asumsi berdasarkan informasi yang tidak akurat. Kesalahan vital ini dapat mengakibatkan konsekuensi yang menghancurkan seperti kebangkrutan. Meskipun akan membutuhkan banyak waktu dan kerja, penting bagi Anda untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk menilai profitabilitas bisnis Anda dengan benar.

 

#4: Anda Dapat Menyediakan Produk atau jasa pelayanan 

 

Jangan repot-repot mencoba memproduksi atau menjual sesuatu yang Anda tidak tahu caranya, atau Anda tidak dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan. Melakukan inventarisasi diri atas keterampilan, bakat, sumber daya, dan aset nyata Anda adalah langkah awal yang bagus untuk memahami apa yang Anda tawarkan dan apa yang dapat Anda berikan. Apakah itu pengalaman kerja sebelumnya, pendidikan formal, pengetahuan industri, kekuatan kepribadian, jaringan Anda, atau akses ke modal awal, Anda perlu mengetahui cara memanfaatkan apa yang Anda miliki untuk secara efektif menyediakan produk atau layanan Anda. Lihat lembar kerja Inventaris Aset gratis kami untuk membantu Anda mengidentifikasi dan memahami nilai dari apa yang Anda miliki, dan bagaimana aset tersebut dapat diterjemahkan menjadi ide bisnis yang bagus.

 

#5: Dukungan Dari Mentor/pelatih

 

Memiliki mentor bisnis yang bijaksana dan berdedikasi yang bersedia menginvestasikan waktu untuk Anda dan bisnis Anda sangat berharga. Carilah pemikiran, umpan balik, dan saran mentor! Jika orang yang Anda kenal dengan pengalaman dan kesuksesan bisnis yang kuat mengafirmasi ide bisnis Anda, itu merupakan indikator bahwa Anda berada di jalur yang benar. Di sisi lain, jika mentor Anda mengungkapkan keragu-raguan atau kekhawatiran, jangan abaikan mereka. Dengarkan pertanyaan dan saran mereka, dan terapkan langkah-langkah dan perubahan yang mereka sarankan. Pemimpin bisnis yang hebat bersedia untuk memodifikasi, meningkatkan, menyesuaikan, atau bahkan memikirkan kembali sepenuhnya ide-ide mereka untuk mencari peningkatan dan pertumbuhan. 

 

Diagram venn ini mengilustrasikan 3 bagian penting dari setiap bisnis yang menguntungkan. Jika Anda melewatkan salah satunya, bisnis Anda akan gagal. Dan begitu Anda menemukan ide yang memenuhi ketiga persyaratan tersebut, Anda harus yakin bahwa Anda cukup bersemangat dengan bisnis tersebut untuk bekerja berjam-jam dan menikmati apa yang Anda lakukan dan produk yang Anda sediakan. Dan pastikan untuk bertanya kepada mentor Anda apakah menurut mereka itu adalah ide bisnis yang bagus juga!


Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali!

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang solid/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini!