Maju Bali Bisnis Blog

 

Nilai Bisnis & Mengapa Penting

Oct 30, 2022

“Nilai” mengacu pada keyakinan inti yang digunakan organisasi untuk memandu keputusan mereka. Nilai-nilai inti dari sebuah perusahaan meletakkan dasar bagaimana sebuah organisasi beroperasi dan bisnis apa yang dibangun. Nilai-nilai bisnis mengkomunikasikan kepada pemangku kepentingan, pelanggan, dan karyawan apa yang paling penting bagi perusahaan itu. Ketika nilai-nilai inti didefinisikan dengan jelas, mereka memberikan pendekatan yang efisien dan terpadu untuk menjalankan dan mengoperasikan bisnis. Ini berfungsi sebagai panduan untuk kegiatan sehari-hari serta landasan untuk strategi lintasan jangka panjang.

 

Meluangkan waktu dan upaya untuk mengembangkan nilai-nilai bisnis sangat penting untuk kesuksesan masa depan perusahaan manapun karena setiap aspek bisnis – budaya perusahaan, kualitas produk, layanan pelanggan, kepuasan karyawan – dibangun di atas nilai-nilai ini.

 

Nilai-nilai bisnis tidak hanya memberikan rasa identitas yang jelas dan kuat bagi perusahaan, tetapi juga menambah manfaat lain…

 

#1: Kesatuan

Dengan nilai-nilai dasar bersama, seluruh tim Anda termasuk kepemimpinan dan karyawan, bekerja bersama menuju tujuan dan visi yang sama. Nilai-nilai bersama menghasilkan keselarasan kepemimpinan yang lebih baik, pengambilan keputusan yang lebih cepat, dan kesatuan dalam memilih dan menjalankan strategi bisnis.

 

#2: Membentuk Budaya

Memiliki nilai bisnis memberikan panduan perilaku bagi karyawan, pemegang saham, dan pelanggan. Inti dari setiap budaya perusahaan adalah kode budaya yang didasarkan pada nilai-nilai perusahaan. Mengetahui apa yang paling penting pasti akan memengaruhi keputusan perekrutan, kualitas layanan dan produk, serta proses dan sistem yang ada.

 

#3: Terintegrasi Dengan Nilai Pribadi Anda

Sebagai pemilik bisnis wirausaha, Anda harus bersemangat tentang apa yang Anda lakukan. Mengintegrasikan nilai-nilai pribadi Anda ke dalam operasi bisnis sehari-hari mengarah pada tujuan dan kepuasan yang besar dalam pekerjaan yang Anda lakukan dan dalam layanan atau produk yang Anda tawarkan.

 

#4: Meningkatkan Intinya

Studi menunjukkan bahwa perusahaan dengan nilai perusahaan yang kuat memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi, kinerja keuangan yang lebih baik, dan kepuasan karyawan dan pelanggan yang lebih tinggi; mereka semua pada akhirnya meningkatkan pendapatan untuk bisnis dan meningkatkan laba.

 

#5: Dampak Komunitas

Bisnis yang digerakkan oleh nilai dapat menggunakan sebagian dari keuntungannya untuk memberi manfaat bagi masyarakat sekitar. Ketika sebuah perusahaan dibangun di atas nilai-nilai inti yang kuat, itu dapat menghasilkan pengaruh positif yang dapat menghasilkan dampak yang berarti bagi generasi yang akan datang.

 

 

Nilai-nilai bisnis memainkan peran integral dalam pembentukan perusahaan mana pun. Memilih dan menerapkan nilai bisnis harus menjadi prioritas utama bagi semua calon pemilik bisnis. Beberapa prinsip dasar untuk menjalankan bisnis dengan baik dan dengan tujuan mungkin termasuk integritas, keunggulan, kerja keras, kemurahan hati, keseimbangan kehidupan kerja, memberi kembali kepada masyarakat, dan pengakuan karyawan.

 

Jika Anda tidak yakin tentang nilai bisnis pribadi atau operasional Anda, lihat Lembar Kerja Aset Nilai gratis kami, yang akan membantu Anda mengidentifikasi dengan cepat dan mudah apa yang paling penting bagi Anda dan bisnis Anda.

 

Jika Anda memiliki beberapa mitra, penting bagi semua pemilik untuk menyelesaikan Lembar Kerja Aset Nilai secara individual, lalu kembali bersama sebagai tim untuk mengidentifikasi nilai inti mana yang umum bagi semua orang dan mengembangkan komitmen serta rencana tentang cara memasukkan nilai-nilai tersebut ke dalam struktur bisnis Anda, harapan, visi, misi dan kepemimpinan.

 

Sumber: one fact in the “Improved Bottom Line” section: http://economics.mit.edu/files/9721