Maju Bali Bisnis Blog

 

Apakah Saya Membutuhkan Gelar Sarjana Bisnis untuk Memulai Bisnis

Aug 11, 2023

Hanya karena Anda tidak memiliki gelar bisnis bukan berarti Anda tidak dapat memulai bisnis Anda sendiri!

 

Faktanya, tahukah Anda hanya 9% pengusaha yang memiliki gelar Sarjana Bisnis? malahan berfokus pada mendapatkan gelar dalam bisnis, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil kursus bisnis khusus atau program pelatihan yang dapat membantu mempersiapkan Anda dengan apa yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda sendiri.

 

Kursus pelatihan bisnis juga bagus untuk mereka yang sudah memiliki bisnis tetapi sedang berjuang karena mereka kurang memiliki pengetahuan bisnis dasar dan kerangka. 

 

Terlepas dari apakah Anda seorang calon pengusaha, atau jika Anda sudah memiliki bisnis sendiri, Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak punya waktu untuk berinvestasi dalam pengalaman kuliah penuh. Dan bahkan jika Anda memiliki gelar khusus, mengikuti kursus bisnis mungkin masih memiliki pengembalian investasi yang besar karena kursus bisnis dapat memberikan keterampilan dan sumber daya nyata yang tidak ditawarkan oleh sebagian besar gelar. 

 

Memulai bisnis bukan untuk semua orang dan kerugian dari kegagalan bisnis Anda dapat menghancurkan– baik secara finansial maupun pribadi. Persiapan adalah langkah kunci untuk kesuksesan bisnis. Meskipun tidak pernah ada jaminan 100% bahwa bisnis Anda akan berkembang, bersiap dan menjalani perjalanan ini dengan pengalaman dan alat yang tepat akan membantu mengurangi risiko dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses. 

 

Program pelatihan bisnis, seperti program Business StartUp Maju Global menawarkan layanan pelatihan dan pembinaan yang berfokus pada penerapan strategi bisnis yang komprehensif, memberikan sistem dukungan yang kuat dari awal hingga akhir, dan menumbuhkan pendekatan berbasis nilai dalam upaya bisnis yang menghasilkan dampak komunitas yang bermakna.

 

Berikut adalah 5 manfaat mengikuti program pelatihan bisnis dan bagaimana laba atas investasi bernilai setiap sen…

 

#1: Persiapan 

Program pelatihan bisnis yang baik akan membantu Anda mengidentifikasi langkah-langkah kunci yang perlu Anda ambil untuk meluncurkan bisnis Anda. Banyak calon wirausahawan tidak mempertimbangkan faktor-faktor penting dalam tahap persiapan dan melewatkan langkah-langkah dasar ini dapat merugikan. Misalnya, program pelatihan bisnis harus secara nyata memandu Anda melalui fase riset pasar- yang mencakup analisis pesaing dan mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan dan cara menemukan jawaban tersebut Setiap kursus bisnis akan berbagi informasi berharga, namun program bisnis yang berkualitas harus bergerak melampaui informasi dan memberi Anda langkah nyata untuk diambil, mempersiapkan Anda dengan baik untuk meluncurkan, mengelola, dan mengembangkan bisnis.

 

#2: Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Pengambilan keputusan yang baik ditandai dengan mendapatkan informasi dan memikirkan implikasi dari setiap keputusan yang Anda buat. Ketika dilengkapi dengan pengetahuan dan pengalaman yang tepat, pengambilan keputusan menjadi lebih efektif. Selain itu, kursus pelatihan bisnis akan memberi Anda alat dan sumber daya pengambilan keputusan yang berharga, dan akan memberi tahu Anda tentang faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat membuat keputusan bisnis yang penting. Ingat, satu keputusan buruk dapat membatalkan kerja keras selama bertahun-tahun untuk Anda dan bisnis Anda. Pengambilan keputusan yang bijak adalah suatu keharusan bagi semua pengusaha. 

 

#3: Sistem Pendukung

Tidak setiap program bisnis akan menyediakan kelompok pelatihan atau pendampingan, dan sebagian besar pelatih bisnis tidak menawarkan dukungan rutin yang berkelanjutan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengetahui apa yang termasuk dalam program pelatihan bisnis Anda. Akuntabilitas sangat penting dalam memulai bisnis. Memulai bisnis yang berkembang bisa jadi sulit dan melelahkan, dan memiliki sistem pendukung yang dapat diandalkan–baik melalui mentor bisnis, pelatih, atau teman tepercaya–adalah hal yang paling penting. 

 

#4: Keterampilan Manajerial dan Kepemimpinan

Bisnis bukan hanya tentang angka dan menghasilkan keuntungan. Hubungan adalah jantung dari setiap bisnis yang sukses. Anda bisa berbakat dengan angka dan akuntansi, tetapi jika Anda tidak tahu bagaimana mengelola tim dan bisnis Anda, Anda menuju kegagalan. Program pelatihan bisnis akan mengajari Anda dasar-dasar bagaimana menjadi manajer yang baik, tetapi juga harus membekali dan memberdayakan Anda untuk menjadi pemimpin relasional yang berdampak positif bagi masyarakat. Seberapa baik Anda dapat berhubungan baik dengan pelanggan, staf, dan pemangku kepentingan Anda akan memengaruhi garis bawah bisnis Anda. Ketika Anda belajar bagaimana menjadi pemimpin yang baik, ada peningkatan keterlibatan karyawan, kepuasan pelanggan, dan kesehatan keseluruhan organisasi Anda.

 

#5: Pengetahuan Bisnis

Memulai bisnis membutuhkan lebih dari sekadar pengetahuan bisnis– Anda harus memiliki keterampilan kewirausahaan, tahu cara menerapkan pengetahuan, dan bersedia bekerja dan waktu yang diperlukan untuk bisnis yang sukses. Dengan itu, tanpa pengetahuan bisnis, Anda tidak memiliki landasan yang tepat untuk membangun bisnis Anda. Pengetahuan bisnis adalah blok bangunan yang diperlukan untuk kesuksesan kewirausahaan. Salah satu manfaat terbesar mengikuti kursus bisnis adalah memperoleh pengetahuan, wawasan, dan perspektif bisnis yang diperlukan bagi Anda untuk menjalankan dan mengoperasikan bisnis Anda secara efektif. Pengetahuan bisnis membantu Anda membuat, menerapkan, dan memelihara strategi bisnis yang diperlukan untuk mengubah impian bisnis Anda menjadi kenyataan!

 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis, silahkan lihat tentang pelajaran kursus bisnis di Maju Bali! 

Anda akan belajar cara mengidentifikasi nilai dan kekuatan serta sumber daya pribadi Anda, cara memilih ide bisnis yang kokoh/kokoh, cara melakukan riset pasar/penelitian pasar dengan menggunakan panduan riset pasar langkah demi langkah, dan bahkan cara menulis rencana bisnis yang kuat di website Maju Bali. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan belajar tentang keseimbangan antara hidup/kerja, manajemen waktu, penetapan tujuan, kepemimpinan dan manajemen keuangan. Jangan lewatkan kesempatan ini! Mari mulai hari ini!